Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

Abdi Dalem Kraton Surakarta dan Bupati Grobogan Meriahkan Kirab Haul Ki Ageng Tirto


Abdi Dalem Kraton Surakarta dan Bupati Grobogan Meriahkan Kirab Haul Ki Ageng Tirto

Grobogan – Dalam rangka menyambut Haul Syekh Abdurrohman Ki Ageng Tirto ke 29 Tahun 2023, warga Desa Karangasem Kecamatan Wirosari Kabupaten Grobogan menggelar kirab budaya, pada Minggu (17/9/2023).

Kirab yang berlangsung meriah ini merupakan bentuk penghormatan masyarakat setempat terhadap Syekh Abdurrohman Ki Ageng Tirto tokoh yang berjasa dalam menyebarkan agama Islam di wilayah Grobogan.

Acara yang dihadiri langsung oleh Abdi Dalem Kanjeng Ratu Wandansari Koes Murtiyah dari Keraton Surakarta dan Bupati Grobogan Sri Sumarni ini, dimulai dari Dusun Tambak Desa Karangasem menuju Makam Ki Ageng Tirto.

Pada kegiatan itu, kereta kencana yang dinaiki para peserta kirab diiringi kelompok drum band dari SD Negeri Karangasem dan SMP Negeri 2 Wirosari.

Setibanya di di pintu gerbang Makam Syekh Abdurrohman Ki Ageng Tirto, para peserta kemudian berjalan kaki untuk menuju ke lokasi makam.

Dalam sambutannya, Bupati Grobogan mengapresiasi kepada pemerintah Desa Karangasem dan panitia serta masyarakat atas terselenggaranya Haul Syekh Abdurrohman Ki Ageng Tirto yang berjalan sangat luar biasa.

‘’Harapannya, kegiatan ini setiap Tahun untuk dapat diuri-uri sebagai warisan budaya dan sebagai bentuk penghormatan atas jasa-jasa para leluhur dalam penyebaran agama Islam di Grobogan,’’ harap Bupati Grobogan.

Bupati Grobogan juga mengajak warga Desa Karangasem Kecamatan Wirosari Kabupaten Grobogan untuk bersama-sama mensukseskan Pemilu yang sebentar lagi bakal digelar pemerintah.

‘’Seluruh masyarakat Desa Karangasem, jangan ada yang Golput. Gunakan hak pilih untuk menentukan 5 tahun kedepannya,’’ ujar Sri Sumarni.

Sementara itu, Kapolsek Wirosari Polres Grobogan AKP Muri yang juga hadir dalam acara tersebut menyampaikan bahwa pada pelaksanaan acara itu, pihaknya mengerahkan puluhan anggotanya dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman baik pada tamu undangan yang hadir maupun masyarakat yang menyaksikan acara tersebut.

‘’Ada puluhan anggota Polsek Wirosari Polres Grobogan dengan dibantu anggota Koramil Wirosari yang kami gelar untuk pengamanan acara ini. Acara ini berlangsung aman, lancar dan kondusif seperti yang kami harapkan,’’ kata Kapolsek Wirosari Polres Grobogan.

Sebelum mengakhiri acara, rombongan tersebut kemudian melakukan tabur bunga. Selanjutnya, Abdi  Dalem Kanjeng Ratu Wandansari Koes Murtiyah dari Keraton Surakarta, beserta Bupati Grobogan dan rombongan meninggalkan lokasi Makam Ki Ageng Tirto. (Hnf)

Posting Komentar

0 Komentar